Sabtu, 07 Maret 2020

Teknik Sambung Samping Tanaman Mangga untuk Mendapatkan BIbit Unggul




Sambung Samping mangga
Sambung samping mangga

Secara umum, tanaman dapat diperbanyak dengan dua cara, yaitu cara generatif dan cara vegetatif. Perbanyakan tanaman mangga menggunakan cara generatif dilakukan dengan menanam biji mangga (pelok). Namun, umumnya tanaman mangga yang diperbanyak dengan cara ini akan menghasilkan buah yang kualitasnya tidak sebaik induknya. Oleh karena itu, para petani mangga umumnya memilih cara perbanyakan mangga secara vegetatif. Cara ini dipandang efektif untuk menghasilkan tanaman yang mampu menghasilkan buah dengan kualitas yang sama dengan induknya. 
Teknik perbanyakan vegetatif mangga yang lazim digunakan oleh petani adalah teknik sambung pucuk, namun cara ini terkadang kurang efektif karena apabila penyambungan gagal, maka tanaman yang dijadikan batang bawah tidak dapat digunakan lagi. Oleh karena itu, alternatif yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan teknik sambung samping. Kelebihan teknik ini yaitu apabila penyambungan gagal, atau entres membusuk, tanaman pokok atau batang bawah tidak mati dan dapat digunakan untuk menyambung lagi.
Secara umum, proses penyambungan bibit mangga secara vegetatif, yaitu:
  1. Ambil batang yang akan dijadikan entres. Entres atau calon batang atas adalah batang yang diambil dari tanaman mangga yang kualitasnya baik.
  2. Potong daun pada entres.
  3. Potong daun pada tanaman yang akan dijadikan batang bawah yang sekiranya akan mengganggu proses penyambungan. Batang bawah adalah bibit mangga yang ditanam dari biji mangga.
  4. Buat sayatan kecil pada batang bawah mangga.
  5. Potong bagian bawah entres dengan arah miring.
  6. Sambungkan entres dengan batang bawah dengan cara menempelkan entres pada bagian batang bawah yang sudah disayat. 
  7. Ikat sambungan dengan tali plastik. 
Nah, untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video di bawah ini !!



0 komentar:

Posting Komentar